11 Cakra Mayor

By Paguyuban Sekarjagad 22 Mar 2016, 15:55:55 WIBGaib & Spiritual

11 Cakra Mayor

Keterangan Gambar : Foto ilustrasi


Cakra atau pusat energi yang berputar adalah merupakan bagian tubuh bioplasmik yang sangat vital.Sebagaimana tubuh fisik memiliki organ vital dan kurang vital.tubuh bio plasmik memiliki cakra mayor,minor dan mini.cakra mayor mengendalikan dan memberikan energi kepada organ vital dan organ mayor pada tubuh fisik.cakra mayor bekerja seperti pembangkit tenaga lirtrik yang menyatu energi vital ke organ mayor dan vital.bila pembangkit tenaga ini tidak berfungsi,organ fital ini akan menjadi sakit atau berpenyakit,karena mereka tidak mempunyai cukup energi vital untuk bekerja secara benar.cakra minor dan mini mengendalikan dan memberi energi kepada bagian tubuh fisik yang kurang penting.cakra tersebut merasuk ke dalam dan meluas ke luar tubuh fisik.

 

Cakra mempunyai beberapa fungsi penting sebagai berikut :

 

1. Menyerap,mencerna dan mendistribusikan energi vital atau prana atau ki atau chi atau apalah sebutanya ke berbagai bagian tubuh.

 

2. Mengendalikan,memberikan energi dan bertanggung jawab atas berfungsinya seluruh tubuh fisik dan berbagai bagian serta organ secara benar.

 

3. Beberapa cakra merupakan tempat atau pusat kemampuan psikis.pengaktifan beberapa cakra atau pusat energi tertentu dpt menghasilkan perkembangan beberapa kemampuan psikis tertentu.

 

contohnya salah satu cakra yang termudah dan teraman untuk di giatkan adalah cakra minor tangan.cakra tersebut terletak di bagian tengah telapak tangan.dengann mengaktifkan atau menggiatkan cakra tangan,seseorang dapat merasakan energi halus dan juga merasakan aura luar,aura dalam,dan aura kesehatan,hal ini dapat di capai hanya dengan secara teratur dan rutin merasakan dan memusatkan perhatian pada tengah telapak tangan,dan akhirnya akan membuat tangan menjadi peka.

 

SEBELAS CAKRA MAYOR

 

Cakra mayor tidak hanya mengontrol dan memberi energi kepada organ-organ tubuh yang vital,akan tetapi juga mengontrol dan mempengaruhi keadaan psikologis dan spiritual seseorang.

1. Cakra Dasar

 

Cakra ini terletak pada dasar tulang punggung atau daerah tulang tungging.cakra dasar mempunyai 4 kelopak dan mengandung prana oranye dan merah,juga mengandung prana kuning dalam jumlah sangat kecil.prana merah dari cakra dasar di gunakan untuk memberi energi dan memperkuat seluruh tubuh fisik yang tampak ... Cakra dasar mengontrol dan memberi energi kepada : sistem otot dan kerangka,tulang punggung,produksi dan kualitas darah yang di hasilkan,kelenjar andrenal,jaringan tubuh dan organ-organ dalam,laju pertumbuhan sel-sel,laju pertumbuhan anak-anak,vitalitas umum,panas tubuh,juga mempengaruhi jantung dan alat kelamin.Gangguan fungsi cakra ini dapat berwujud sebagai radang sendi dan rematik,gangguan tulang punggung,penyakit darah dan alergi,lambatnya penyembuhan luka-luka dan patah tulang,gangguan pertumbuhan,penyakit kangker tapi bukan kantong kering lhoo yaa,vitalitas rendah,penyakit jantung,penyakit otak dan penyakit kelamin. Pada beberapa orang yang mempunyai penyakit jantung,cakra dasar bukannya secara dominan merah dan oranye,tetapi secara dominan oranye dan kuning yang merupakan keadaan abnormal.

 

Sebagian energi prana cakra dasar juga pergi ke otak,dgn demikian,gangguan fungsi cakra dasar juga dapat secara serius mempengaruhi otak.sebagian energi cakra dasar yang di ubah diperlakukan oleh cakra-cakra yang ada di kepala agar dapat berfungsi dengan benar. Orang-orang tua biasanya mempunyai cakra dasar yang sudah sangat terkuras,inilah sebabnya mengapa tubuh mereka lemah dan makin kecil,tulang punggung mereka cenderung membengkok,penyembuhan luka-luka dan patah tulang cenderung melamban,dan mereka cenderung mengindap penyakit artritis. Cakra dasar yang sehat merupakan faktor yang sangat menentukan untuk mempunyai penampilan fisik yang muda dan kesehatan seseorang.

 

Cakra dasar merupakan pusat ketahanan diri sendiri dan pemeliharaan diri sendiri.orang dengan cakra dasar yang kuat dan aktif cenderung untuk lebih dinamis.tetapi jika cakra dasar terlalu aktif secara berlebihan,maka keadaan ini dapat berwujud sebagai hiperaktifitas,kegelisahan atau insomania. Orang-orang tertentu yang cakra dasarnya kurang aktif cenderung untuk menjadi lamban,tidak praktis dan tidak realitis.Dadalm kasus-kasus yang parah,mereka cenderung untuk sama sekali lepas dari kenyataan.Orang-orang yang mempunyai kecenderungan bunuh diri mempunyai cakra dasar yang lemah dan kurang aktif .

 

Cakra minor telapak kaki dan cakra dasar merupakan titik masuk utama untuk energi prana bumi.

 

Jadi seumpama kalau kita sedang berjalan-jalan di malam hari,terus ada perasaan merinding di belakang kepala,itu pertanda adanya demit di sekitar kita. Maka dari itu hendaklah melepaskan sandal yang kita pakai,lalu tarik napas dan tahan napas sekuat mungkin,sekalian bersamaan menarik energi prana bumi melalui cakra minor yang ada di telapak kaki dan di salurkan ke cakra dasar,dari cakra dasar nanti otomatis akan di salurkan ke seluruh tubuh,sehingga kita mempunyai pelindung atau aura yang kuat,sehingga demit tersebut mental atau lari ketakutan karna dia kalah dengan hoawa magnetik'nya kita sendiri

 

2. Cakra Kelamin

 

Cakra ini terletak pada daerah kemaluan, Cakra ini mempunyai 6 kelopak dan mengandung prana merah dan oranye. Cakra ini mengandung prana merah dengan dua bayangan warna yang berbeda.sudah di amati secara waskita bahwa bila seseorang yang lagi buang air kecil ( ngompol ) cakra seks dan cakra meng mein menghasilkan lebih banyak prana oranye yang di gunakan untuk mengeluarkan dan menghilangkan zat limbah dari tubuh.

 

jadi kalau kita sedang kencing,biasanya air seninya berwarna oranye,itu karena cakra seks lebih banyak menghasilkan prana oranye.

 

Cakra seks mengontrol dan memberi energi kepada :

Organ seks,kandung kencing dan uretra,tungkai juga banyak di beri energi olehnya,tenggorok dan daerah kepala juga di beri energi dan di pengaruhi oleh cakra seks ini.

 

Cakra ajna,cakra tenggorok dan cakra dasar mempunyai pengaruh yang kuat pada cakra seks.gangguan fungsi salah satu cakra-cakra ini dapat mempunyai pengaruh buruk terhadap cakra seks.

 

Gangguan fungsi cakra seks dapat bermanifestasi sebagai :

gangguan buang air kecil,impotensi,kemandulan,pembesaran kelenjar prostat dan penyakit seksual lainnya.

 

Cakra seks merupakan pusat kreatifitas fisik bagian bawah.cakra tenggorok adalah padanan yang lebih tinggi dari pada cakra seks.sebagian energi prana seks di ubah oleh tubuh menjadi bentuk energi prana yang lebih tinggi untuk di gunakan oleh cakra-cakra yang ada di kepala dan cakra tenggorok.energi prana seks yg di ubah di perlukan oleh cakra tenggorok dan cakra2 yg ada di daerah kepala untuk dapat berfungsi dengan benar.

 

Orang-orang yang mentalnya terbelakang mempunyai cakra seks yang sudah terkuras.pada orang tua, tidak hanya cakra dasarnya saja yang terkuras,tapi cakra seks nya juga terkuras.ini adalah salah satu faktor mengapa orang tua cenderung menjadi pikun.

 

ilmu dan seni mengubah energi seks menjadi energi kreatif dan bentuk-bentuk energi prana yang lebih tinggi guna mengaktifkan sel-sel otak di ajarkan dalam ilmu dan seni pernapasan.

 

3. Cakra Meng Mein

 

Cakra ini terletak kira-kira di bagian belakang pusar, Cakra meng mein mempunyai 8 kelopak dan terutama mengandung prana oranye dan sedikit prana merah,juga mengandung sejumlah kecil prana kuning dan prana biru.cakra meng mein bertindak sebagai stasiun pemompa untuk energi prana dari cakra dasar dan bertanggung jawab untuk arus naik energi prana di dalam tulang punggung.

 

Cakra meng mein mengontrol dan memberi energi kepada :

Ginjal,kelenjar adrenal,sampai batas tertentu kepada organ-organ dalam lainnya,juga mengatur tekanan darah.

 

Gangguan fungsi cakra ini dapat berwujud sebagai :

Gangguan ginjal,vitalitas rendah,penyakit tekanan darah,gangguan tulang punggung.

 

Jika cakra meng mein terlalu di aktifkan atau jika perbandingannya lebih besar,tekanan darah akan lebih tinggi dari pada nilai normalnya.jika cakra meng mein kurang aktif atau perbandingannya lebih rendah,maka tekanan darah akan lebih rendah dari pada normalnya.cakra meng mein berkaitan erat dengan cakra limpa.jika cakra limpa di beri energi yang tinggi,maka cakra meng mein juga akan banyak di beri energi.

 

Jika cakra limpa di aktifkan cakra meng mein juga akan sebagian di aktifkan.maka dari itu jangan memberi energi pada cakra limpa orang yg tekanan darah tinggi.

 

Gangguan fungsi cakra solar plexus,meng mein dan cakra dasar bersama-sama dengan gangguan fungsi cakra-cakra ajna dan jantung dapat berwujud sebagai laju pertumbuhan sel-sel yang abnormal.

 

Cakra meng mein bayi,anak-anak,wanita hamil,dan orang tua tidak boleh di beri energi,karena efeknya mungkin akan merugikan.

 

Dalam kasus bayi,anak-anak dan orang tua,hal itu dapat menyebabkan naiknya tekanan darah, Pada wanita hamil ini dapat mengakibatkan bayinya lahir dalam keadaan mati.

4. Cakra Pusar

 

Cakra ini terletak di pusar, Cakra pusar mempunyai 8 daun bunga dan terutama mengandung prana merah,kuning,hijau,biru,ungu atau lembayung,juga mengandung sedikit prana oranye.cakra pusar menghasilkan Chi sintetis yang mempermudah atau membantu peredaran prana di dalam meridian.chi sintetis mempermudah penarikan prana oleh tubuh eterik. Orang dengan chi sintetis lebih banyak dapat menyerap lebih banyak prana ketimbang orang dengan chi sintetis yang kurang. Orang dengan sedikit chi sintetis merasa lemah dalam cuaca buruk.

 

Cakra pusar mengontrol dan memberi energi kepada :

Usus kecil,besar dan usus buntu,mempengaruhi kecepatan wanita melahirkan,mempengaruhi vitalitas umum.

 

Gangguan fungsi cakra pusar dapat berupa :

Sembelit,diare,ketidak mampuan mengasimilasi zat-zat gizi di dalam makanan,radang usus buntu,penyakit usus,kesulitan dalam melahirkan,vitalitas rendah.

 

5. Cakra Limpa

 

Cakra limpa depan terletak di bagian tengah iga kiri terendah.cakra limpa belakang terletak di belakang cakra limpa depan. Kedua-duanya mempunyai fungsi yang sama.cakra limpa mempunyai 6 daun bunga.cakra limpa merupakan titik masuk utama prana udara atau butir2 vitalitas udara,karena itu memainkan peran yang sangat vital dalam kesehatan umum seseorang.cakra limpa menarik masuk prana udara atau prana putih dan memecah-mecah prana putih menjadi prana merah,kuning,hijau,oranye,biru dan ungu / lembayung kemudian membagi-bagikan ke cakra-cakra mayor lainnya.dengann kata lain,cakra limpa memberi energi kepada cakra mayor lain dan dengan demikian memberi energi kepada seluruh tubuh bioplasmik dan tubuh fisik yang tampak.ini berati bahwa cakra-cakr mayor lain dan organ-organ vital sangat bergantung kepada cakra limpa dalam hal suplai tenaga prana nya.

 

Cakra limpa mengontrol dan memberi energi limpa fisik,mempengarui tingkat energi prana atau vitalitas umum tubuh,mempengaruhi kualitas darah dan mempengaruhi sistem imunitas tubuh.

 

Limpa fisik menyingkirkan partikel-partikel abnormal,terutama kuman-kuman dari darah dan juga menghasilkanzat anti bodi.

 

Gangguan fungsi cakra limpa dapat berwujud :

Penyakit limpa,vitalitas rendah,menurunnya tingkat imunitas,darah kotor atau penyakit darah.,radang sendi dan rematik.cakra limpa berhubungan erat dengan cakra pusar.bila cakra pusar banyak diberi energi dan di aktifkan,cakra limpa juga banyak di beri energi dan sebagian di aktifkan,dan dengan demikian menarik masuk lebih banyak prana udara ,maka ini menambah tingkat tenaga prana seluruh tubuh.

 

6. Cakra Solar Plexus

 

Cakra solar plexus depan terletak di daerah cekung di antara iga-iga bawah kanan dan kiri.cakra solar plexus belakang terletak di belakang daerah solar plexus.cakra solar plexus mempunyai 10 daun bunga dan mengandung prana merah,kuning,hijau dan biru,juga mengandung sedikit prana oranye dan ungu atau lembayung.

 

Lebih banyak prana hijau yang akan di hasilkan bila orang sedang makan.bila orang sedang buang air besar,cakra solar plexus dan cakra pusarnya menghasilkan banyak prana oranye dan sedikit prana kuning.bila prana kuning berhubungan dgn prana oranye,maka terjadilah efek pemicu pada usus besar,inilah sebabnya mengapa prana oranye atau prana kuning atau kedua-duanya di gunakan dalam merawat sembelit.

 

Cakra solar plexus mengontrol dan memberi energi kepada :

Diafragma, hati, pangkreas, lambung, sampai batas tertentu, usus besar dan usus kecil, kelenjar adrenal, jantung, paru-paru, dan bagian-bagian tubuh lainnya juga di pengaruhi oleh cakra solar plexus.

 

Kualitas darah juga di pengaruhi oleh cakra solar plexus,karena mengontrol dan memberi energi kepada hati yang menghilangkan racun dari darah.

 

Orang yang kehabisan tenaga dapat di pulihkan kembali vitalitasnya dengan cepat dengan memberi energi kepada cakra solar plexus.cakra solar plexus merupakan salah satu cakra terpenting karena mengontrol,memberi energi dan mempengaruhi begitu banyak organ vital,dan juga cakra ini sangat mudah di ganggu atau di buat menjdi tidak seimbang oleh emosi-emosi negatif.

 

Gangguan fungsi cakra solar plexus dapat berupa :

 

Sulit bernapas akibat gangguan fungsi diafragma,diabetes,penyakit pangkreas,penyakit pencernaan,hepatitis,penyakit kandung empedu,tingkat kolestrol tinggi,penyakit jantung,darah kotor atau penyakit darah.cakra solar plexus adalah pusat emosi-emosi positif dan negatif yang lebih rendah seperti ambisi,keberanian,kegigihan,agresivitas,kemarahan,kebencian,kecemburuan,keserakahan,perusakan,kekerasan,kekejaman,dll.

 

Bila seseorang sangat marah,cakra solar plexusnya berdenyut-denyut tak teratur.ini menyebabkan diafragma bergerak tidak teratur,yang mengakibatkan pernapasan dangkal yang tidak teratur.

 

7. Cakra Jantung

 

Cakra jantung mempunyai 12 daun bunga.cakra jantung depan mengandung banyak prana ke emasan dan sedikit prana merah muda.cakra jantung depan terletak di tengah dada.cakra ini mengontrol dan memberi energi pada jantung dan kelenjar thymus.cakra jantung belakang mengandung prana-prana ke emasan,merah,kuning,oranye.cakra ini mengontrol dan memberi energi pada paru-paru jantung dan kelenjar thymus.cakra jantung juga mempengarui kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.dari sudut medis,kelenjar thymus merupakan faktor penting dalam sistem pertahanan tubuh.

 

Cakra jantung merupakan pusat emosi-emosi yang lebih tinggi atau halus.cakra ini berhubungan erat sekali dengan cakra solar plexus karena kedua-duanya merupakan pusat emosi.gangguan pada cakra solar plexus juga mengganggu cakra jantung.inilah sebabnya mengapa emosi-emosi negatif akhirnya mempunyai efek yang merugikan pada jantung fisik.

 

8. Cakra Tenggorok

 

Cakra ini terletak di bagian tengah tenggorokan.cakra ini mempunyai 16 daun bunga dan terutama mengandung prana biru dengan sedikit prana hijau dan prana ungu atau lembayung.banyak prana hijau yang di hasilkan bila orang sedang makan.

 

Cakra tenggorok mengontrol dan memberi energi pada :

Tenggorok,kotak suara atau larynx,trakea atau batang tenggorok,kelenjar gondok,kelenjar parathyroid,sistem limfe,juga mempengaruhi cakra seks.

 

Gangguan fungsi pada cakra ini dapat bermanifestasi sebagai kemandulan dan penyakit yang berkaitan dengan tenggorokan seperti gondong,radang tenggorokan,kehilangan suara,asma dan lain-lain.cakra tenggorok merupakan pusat pikiran yang lebih rendah atau kongkrit atau daya mental yang lebih rendah dan juga pusat kreatifitas yang lebih tinggi.

 

9. Cakra Ajna

 

Cakra ini terletak di antara kedua alis.cakra ajna mempunyai 96 daun bunga dan di bagi dalam dua bagian.setiap bagian mempunyai 48 daun bunga.pada sebagian orang,satu bagian secara domianan berwarna kuning muda dan bagian lainnya secara dominan ungu atau lembayung muda.yang lainnya mempunyai hijau keputih-putihan dlm satu bagian dan lembayung muda di bagian lainnya.prana berwarna yang dominan dalam cakra ajna berbeda – beda dari satu orang ke orang lainnya.jadi setiap orang cakra ajna nya berbeda-beda,warna tersebut berubah-ubah tergantung pada keadaan psikologis seseorang.

 

Cakra ajna mengontrol dan memberi energi kepada kelenjar hipofisis dan juga seluruh tubuh.cakra ajna juga di sebut sebagai mata ke tiga atau cakra utama.karna mengontrol semua cakra mayor dan sistem endokrin,dan mempengaruhi organ-organ vital.

 

Gangguan fungsi cakra ajna dapat berupa penyakit kelenjar endokrin,penyakit mata,kangker,dan lain-lain.cakra ajna merupakan pusat pikiran yg lebih tinggi atau abstrak dan juga pusat kehendak atau fungsi pengarah.

 

10. Cakra Dahi

 

Cakra ini terletak di tengah dahi.cakra dahi mempunyai 144 daun bunga yang di bagi menjadi 18 bagian.tiap bagian mempunyai 12 daun bunga.cakra dahi mengandung prana merah,kuning,hijau,biru,oranye dan lembayung muda.cakra dahi mengontrol dan memberi energi kepada : kelenjar pineal dan sistem saraf.Gangguan fungsi pada cakra dahi dapat bermanifestasi sebagai penyakit sistam saraf.cakra dahi merupakan pusad kesadaran kosmis bawah.

 

11. Cakra Mahkota

 

Cakra ini terletak pada mahkota kepala atau mbun-mbunan.cakra mahkota mempunyai 960 daun bunga luar dan 12 daun bunga dalam.cakra mahkota mempunyai dua set daun bunga.ke 12 daun bunga dalam terutama mengandung prana ke emas an.dan ke 960 daun bunga luar mengandung prana-prana merah,kuning,hijau,biru,oranye dan lembayung muda.

 

Cakra jantung depan tampak meyerupai daun-daun bunga dalam dari cakra mahkota.cakra mahkota merupakan titik masuk tenaga illahi atau tenaga prana lembayung listrik.Cakra mahkota mengontrol dan memberi energi kepada otak dan kelenjar pineal.Gangguan fungsi cakra ini dpt bermanifestasi sebagai penyakit kelenjar pineal dan penyakit otak,yang dapat berwujud penyakit fisik atau psikologis.


Cakra mahkota adalah pusat kesadaran kosmis yang lebih tinggi.kemampuan mental orang yang mempunyai kesadaran kosmis diumpamakan seperti orang yang dapat melihat.sedangkan kemampuan mental orang yang tidak mempunyai kesadaran kosmis diumpamakan seperti orang yang buta.contohnya,untuk mendapatkan gambaran mengenai bentok seekor gajah,seorang yang buta harus menghabiskan waktu yang lama untuk meraba-raba si gajah itu dan mencoba menarik kesimpulan serta menggabungkan data-data yang telah di himpunnya di dalam otak tersebut.sedangkan orang yang bisa melihat dapat dengan seketika mengetahui bagaimana bentuk gajah tersebut.

 

Kesadaran kosmis adalah memahami sesuatu tanpa melalui masa belajar yang lama ataupun melakukan penalaran induktif maupun deduktif,tetapi melalui pemahaman atau persepsi langsung.melalui kesadaran kosmis,orang merasa satu dengan semua,satu dengan Tuhan,melalui kesadaraan ini,orang merasa bersatu dengan semua,bersatu dengan tuhan.melalui kesadaran kosmis ini,orang merasakan cinta kasih untuk semua orang.

 

Semoga bermanfaat dan bertambah pengetahuan kita tentang cakra-cakra yang ada di tubuh ini
 
 
By Sandi Pramono


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Sekarjagad Crew

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • erpbuaqy

    http://sildenafilneu.com alternatives to viagra https://viagrabez.com viagra overdose ...

    View Article
  • http://cialisle.com/

    http://cialisle.com/ - generic cialis ...

    View Article
  • http://cialisle.com/

    http://cialisle.com/ - generic cialis ...

    View Article
  • http://cialisle.com/

    http://cialisle.com/ - generic cialis ...

    View Article